TINTA NUSANTARA
BERANI MENYIKAP TABIR

Tanoto Foundation Jambi Gelar Workshop Penulisan Praktik Baik 

Guru di Tanjab Barat mengikuti workshop penulisan praktik baik Tanoto Foundation menghadirkan narasumber Penanggungjawab sekaligus Pimred Aksesjambi.com, Bahara Jati Sugondo.

TINTANUSANTARA.CO.ID, TANJAB BARAT – Tanoto Foundation menggelar workshop penulisan praktik baik kepada 10 orang Fasilitator Daerah Tanjab Barat. Kegiatan ini dilaksanakan di SMPN 3 Kuala Tungkal, Senin (3/2/2020).

Kegiatan yang diharapkan mendorong guru untuk dapat mendokumentasikan dan membuat jurnal kegiatan dalam proses pembelajaran ini menghadirkan narasumber, Penanggungjawab sekaligus Pimpinan Redaksi Aksesjambi.com, Bahara Jati.

Communicatoon Specialist Tanoto Foundation Jambi, Syaiful Bahri mengatakan, tujuan utama kegiatan agar guru mampu menuliskan praktik baik yang telah dilakukan maupun pengalaman guru lain yang nantinya dapat dilihat dan dipublikasikan sehingga praktik baik dapat ditiru dan dikembangkan oleh guru lain.

“Makanya, pada pelatihan ini setiap peserta yang mengikuti kegiatan ini wajib membuat tulisan praktik baik dalam proses pembelajaran,” tutur Syaiful.

Sementara Narasumber kegiatan, Bahara Jati mengatakan, salah satu teknik menulis jurnal pembelajaran dapat ditiru melalui teknik penulisan berita dalam bidang jurnalisitik.

“Dalam penulisan berita ala jurnalistik berita harus memiliki nilai-nilai berupa cepat (aktual), mengandung makna berita (news), nyata (factual), informasi dari kejadian yang nyata bukan fiksi atau karangan, dan terdiri dari pernyataan (statement) sumber berita,” kata Bahara Jati.

Sementara salah seorang Fasda yang mengikuti kegiatan mengucapkan terima kasih kepada Tanoto Foundation atas pelatihan yang diberikan, karena ini sangat bermanfaat untuk kedepan.

“Selama ini kami sebagai fasda Tanoto telah sering mengupload pengalaman pribadi ke dalam forum peningkatan kualitas pendidikan. Namun ternyata kami baru mengetahui bahwa isi tulisan yang kami upload Belumlah 100 persen tergolong berita secara teori jurnalistik,” kata Nora, salah seroang guru yang mengikuti pelatihan.

Kegiatan di Tanjab Barat ini merupakan Roadahow pelatihan praktik baik yang dilaksanakan Tanoto Foundation Jambi kepada Fasda. Kegiatan pertama, digelar di Kabupaten Batanghari pada tanggal 18 januari 2020 diikuti 9 peserta. Dan kegiatan kedua, dilaksanakan di Tanjungjabung Timur 29 Januari 2020, diikuti 8 peserta.

Tanoto foundation sebagai salah satu founder dunia pendidikan Indonesia, selalu berusaha memberikan pelatihan kepada setiap pendidik dalam rangka peningkatan profesionalisme dalam proses pembelajaran baik perencanaan (plan), pelaksanaan (do) bahkan sampai proses pelaporan dan dokumentasi dalam rangka penyebaran informasi dalam pembelajaran.

Guru yang telah pernah menjadi peserta pelatihan TF baik Modul 1 dan modul 2 wajib membuat tulisan praktik baik untuk memotivasi dan mengeluarkan ide-ide baiknya.