TINTA NUSANTARA
BERANI MENYIKAP TABIR

Warga Kecewa Dengan Kualitas Jalan Penghubung di Bathin Vlll

Jalan yang dibangun pada akhir 2020 lalu, dengan anggaran mencapai sekitar Rp 9 Milyar  sudah banyak yang rusak dan berlobang-lobang.Foto:rayan

TINTANUSANTARA, SAROLANGUN- Kualitas jalan poros penghubung lima Desa dalam ( Desa Batu Penyambung, Desa Pulau Buayo, Desa Rantau Gedang, Desa Muaro Lati dan Desa Tanjung Gagak) di Kecamatan Bathin Vlll, Kabupaten Sarolangun mendapat kritikan dari warga setempat. Pasalnya jalan yang dibangun pada akhir 2020 lalu, dengan anggaran mencapai sekitar Rp 9 Milyar itu, sudah banyak yang rusak dan berlobang-lobang.

Atas kondisi itu, salah satu warga Desa Rantau Gedang saat diwawancarai media ini, sangat menyayangkan dan kecewa dengan hal itu mengingat pengerjaan jalan itu baru rampung beberapa bulan yang lalu.

“Kualitasnya lihat sendiri, tipis dan lembut sekali pondasi badan jalannya, ada spot-spot jalan yang rusak parah, terutama antara Desa Tanjung Gagak dengan Muaro Lati. Untuk itu kami berharap Pemerintah bisa segera memperbaiki jalan ini sebab ini satu satunya jalan poros ekonomi warga disini,” Ucap salah satu warga yang enggan ditulis namanya, dengan nada kecewa, Sabtu (20/02) kemarin.

Sementara itu, belum lama ini Bupati Sarolangun diwakili Wabup Hillatil Badri setelah mendapat informasi dari warga di Bathin Vlll langsung menyambangi lokasi dan menyayangakan atas kualitas jalan tersebut.

“Jalan ini rusak bukan persoalan tonase mobil yang melebihi kapasitas, tapi memang kualitas jalannya yang memang kurang baik. Kalau dilindas truk mudah bonyok,” ujarnya setelah menghadiri Musrembang di Kecamatan setempat beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu Pemkab Sarolangun, berjanji akan segera mencari solusi terkait hal tersebut agar pihak kontraktor memperbaiki jalan tersebut melalui dana pemeliharaan jalan.

“Jalan inikan masih dalam pemeliharaan, pihak kontraktor akan kita panggil dalam waktu dekat anggaran pemeliharaan akan segera kita kucurkan,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Kabid Bina Marga melalui Kasi Ahmadi Uncu yang menyebutkan bahwa pihaknya sudah melihat kondisi jalan tersebut dan memang ada beberapa spot yang mengalami kerusakan dan layak untuk segera dilakukan perbaikan.

“Iya kemarin kita sudah kelokasi dan titik-titik yang rusak sudah kami pantau, insyaallah akan segera dilakukan perbaikan melalui anggaran pemeliharaan,” tandasnya.

Dia meminta agar masyarakat setempat untuk bersabar, mengingat proses pemeliharaan jalan sedang digarap dan akan segara dikerjakan.(yan)