TINTA NUSANTARA
BERANI MENYIKAP TABIR

Siswa di Kota Jambi Diajarkan Teks Eksplanasi dari Media Massa

Bahara Jati, salah seorang Jurnalis di Jambi saat mengajarkan Teks Eksplanasi kepada siswa SD di Kota Jambi.

TINTANUSANTARA.CO.ID, JAMBI – Siswa SDN 131/IV Kota Jambi selama 40 menit belajar mengupas dan praktek tentang teks eksplanasi mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menghadirkan seorang Jurnalis, Bahara Jati dari Media AksesJambi.com, Selasa (21/01/2020).

Pembelajaran dengan menghadirkan Jurnalis ini merupakan bagian dari peran serta masyarakat yang dapat memancing antusias siswa untuk meningkatkan keterampilan siswa difasilitasi Tanoto Foundation Jambi.

Para siswa kelas 5A di SDN 131/IV Kota Jambi diajarkan untuk meringkas teks penjelasan atau teks eksplanasi dari media massa dan juga untuk mengenal lebih dekat profesi seorang wartawan atau jurnalis.

Guru Kelas 5 SDN 131 Kota Jambi, Nurfaidah, yang akrab disapa Bu Nufa mengatakan, kegiatan ini merupakan pengembangan inovasi pembelajaran menarik agar menarik minat siswa dalam belajar.

“Program PINTAR Tanoto Foundation telah memberikan kesempatan kepada saya untuk terus mengembangkan diri,” kata Bu Nufa, Selasa (21/01/2020).

Nurfaidah menambahkan, perlu adanya kemauan dan tindakan nyata dari seorang guru untuk mewujudkan pembelajaran aktif, salah satunya bisa menggunakan media sederhana dan melibatkan peran serta tokoh masyarakat lingkungan sekitar.

Misalnya, kata Nurfaidah, bisa melibatkan wali murid yang bekerja sebagai Dokter menjadi narasumber ketika membahas tentang cara menjaga kesehatan pencernaan, atau menghadirkan Ibu Kantin saat pembelajaran tentang peran ekonomi masyarakat terhadap kesejahteraan keluarga dan lain sebagainya.

“Ada begitu banyak ide pembelajaran yang menarik, saat kita memiliki tekad dan kemauan yang kuat demi mencerdaskan anak bangsa,” katanya.

Disebutkan Bu Nufa, sebagai langkah awal pembelajaran diawali dengan menyimak beberapa penjelasan dari narasumber berupa pengenalan profesi dan perannya di masyarakat. Kemudian, menjelaskan tentang apa itu teks eksplanasi dan cara meringkas teks eksplanasi dari media massa.

Semua siswa antusias mengikuti pembelajaran dikelas dibuktikan dengan beberapa siswa menunjuk tangan untuk bertanya. Salah satunya Zahrani Ramadhan, siswi yang duduk dikelas 5A ini mengajukan pertanyaan.

“Bagaimana caranya supaya kita bisa membedakan teks eksplanasi atau bukan Kak?,” tanya Zahrani.

Jurnalis di Jambi Bahara Jati foto bersama dengan siswa SDN 131 Kota Jambi.

Bahara Jati selaku narasumber memberikan jawabannya secara gamblang, bahwa teks eksplanasi dapat dilihat dari isinya yaitu berupa penjelasan tentang proses terjadinya fenomena alam atau sosial, misalnya tentang banjir, tanah longsor, gempa bumi dan gunung meletus dan sebagainya.

Selain itu, kegiatan pembelajaran seperti ini diapresiasi oleh Kepala SDN 131/IV Kota Jambi, Basyir, S.Pd, menurutnya kegiatan pembelajaran dengan mengundang nara sumber sangat menarik dan menginspirasi tentunya.

“Sangat bagus, menarik dan menginspirasi sekali pembelajaran seperti ini dengan melibatkan peran serta masyarakat pada pembelajaran. Semoga menjadi inspirasi dan lebih banyak lagi pembelajaran menarik lainnya,” imbuhnya.

Pembelajaran diakhiri dengan refleksi bersama, para siswa tampak sangat senang mengikuti kegiatan pembelajaran teesebut dan mengikuti pembelajaran ini, karena telah menghadirkan narasumber yang bagi mereka sangat menginspirasi. (Ary)