Berani Menyikap Tabir

DLH Tutupi Dana Perbaikan Taman Remaja

Bank Mandiri area Jambi melalui dana CSR membangun fasilitas di Taman Remaja. Lucunya, DLH Kota Jambi baru mengalokasikan dana perbaikan pada 2020.foto/Arief

TINTANUSANTARA.CO.ID, JAMBI – Kepala Dinas Lingkungan (DLH) Kota Jambi, Ardi mengatakan akan memperperbaiki sejumlah sarana dan prasaran yang rusak di Taman Remaja saat ini. Namun, dia menolak menyebut total dana yang telah dianggarkan melalui APBD Kota Jambi 2020

“Iya akan diperbaiki,” katanya singkat dikonfirmasi terkait kerusakan sarana dan prasarana di Taman Remaja, Rabu (19/2/2020).

Didesak kapan akan dilakukan perbaikan dan menggunakan bersumber keuangan dari mana, Ardi kembali menjawab singkat.

“Idakla, sudah dianggarkan untuk tahun ini,”katanya.

Meski terus didesak berapa dana yang sudah dianggarkan DLH Kota Jambi untuk perbaikan Taman Remaja, Kepala DLH Kota Jambi ini berupaya mengelak.

“Terkait pagu (Anggaran) Gek yo, lg diluar dak pegang datanyo. Bisa dibuktikan koq,” katanya.

Meski demikian, Ardi mengungkapkan, salah satu prasarana yang akan diperbaiki nantinya adalah pondok dalam taman. “Saung kita perbaiki,” katanya.

Sebelumnya, sejumlah pengunjung mengeluhkan sarana dan prasarana di Taman Remaja di Kota Jambi yang berada di Kelurahan Handil Jaya, Jelutung.

Salah seorang pengunjung, Ijal (45) mengatakan, kerusakan terjadi mulai dari alat sarana jalan, pondok, alat bermain, wahana olahraga dan fasilitas yang berada di taman milik Pemkot Jambi itu.

“Kerusakan ini membuat kami tidak merasa puas saat membawa keluarga untuk berkunjung kesini,”katanya, Selasa (18/2/2020).

Kedepan dia meminta, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berwenang untuk segera memperbaiki seluruh sarana dan prasana yang rusak agar tercipta ruang terbuka publik yang layak.

Sementara pengunjung lainnya, Maman (42) menyesalkan terjadinya kerusakan sarana dan prasarana di Taman Remaja. Menurutnya, ini terjadi akibat pimpinan OPD yang bertanggungjawab tidak bisa menterjemahkan program Walikota Jambi dalam pembangunan ruang publik.

“Seperti kita ketahui, pak wali gencar membangun ruang publik yang aman dan nyaman dengan fasilitas pendukung yang lengkap. Fakta ini berbeda dengan yang kita lihat di Taman Remaja,” kata pria yang bermukim di Talang Banjar, Kota Jambi ini.

Menurutnya, kerusakan sarana dan prasarana di Taman Remaja akibat OPD berwenang tidak sigap melaksanakan fungsinya sejalan dengan amanat Walikota Jambi Syarif Fasha.

“Pimpinan OPD tinggal mengganggarkan dana perbaikan. Jika itu untuk kepentingan publik, pasti disetujui, apalagi ini sejalan dengan program kerja walikota,”katanya.