TINTA NUSANTARA
BERANI MENYIKAP TABIR

Di Tengah Pandemi Corona, Stok Pangan Aman, Kenaikan Harga Batas Wajar

Gubernur Jambi Fachrori Umar saat meninjau pasar Angso Duo memastikan ketersedian bahan pangan dan harga jual di pasaran di tengah Pandemo Corona.

TINTANUSANTARA.CO.ID, JAMBI – Gubernur Jambi Fachrori Umar, Kamis (2/4/2020), meninjau pasar modern Angso Dua di Kota Jambi. Ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan bahan makanan di tengah Pandemi Corona.

Bersama Kapolda Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Shantyabudi, Gubernur menyatakan ketersediaan bahan pangan pokok di Provinsi Jambi relatif aman. Menurutnya, Pasar Angso Duo merupakan patokan bagi pasar-pasar lainnya yang ada di Kota Jambi.

“Alhamdulillah, kita tadi bersama Kapolda Jambi secara langsung sudah melihat kondisi saat ini, dimana ketersediaan bahan pangan pokok di Provinsi Jambi masih relatif aman. Meskipun ada kenaikan harga gula pasir yang sudah diatas Harga Eceran Tertinggi (HET), tapi masih dalam batas kewajaran,” kata Fachrori.

Dalam beberapa hari kedepan, gula pasir akan masuk ke Jambi sebanyak 200 ton yang saat ini masih dalam perjalanan. Semuanya mengharapkan, dengan kondisi seperti ini, ketersediaan bahan pangan pokok di Provinsi Jambi tetap aman, terlebih menjelang datangnya Bulan Suci Ramadan Tahun 2020.

Pemerintah Provinsi Jambi melalui Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi akan terus berupaya menjamin ketersediaan bahan pangan pokok di Provinsi Jambi dengan terus melakukan monitoring setiap perkembangan ketersediaan dan harga bahan pangan pokok yang ada di pasaran serta berupaya mengendalikan lonjakan lonjakan harga.

“Kita terus berupaya menjaga ketersediaan dan kestabilan harga bahan pangan pokok di pasaran antara lain, Pemerintah Provinsi Jambi telah membuka toko TPID di Pasar Angso Duo ini. Dalam beberapa waktu kedepan akan segera menggelar operasi pasar dan Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi akan menjual sembako murah kepada masyarakat,” jelas Gubernur.

Saat meninjau pasar milik Pemprov Jambi yang dikelola swasta itu, Gubernur membagikan masker kepada masyarakat, baik penjual maupun pembeli. Dia berpesan kepada masyarakat untuk terus menjaga kesehatan, selalu cuci tangan dan rajin membersihkan diri serta menggunakan masker jika keluar rumah.