TINTA NUSANTARA
BERANI MENYIKAP TABIR

Usai Lebaran, Harga Komoditas Laut di Tanjab Barat Naik

Kegiatan jual beli di pasar ikan. Usai lebaran harga komoditas hasil laut di Tanjab Barat mengalami kenaikan akibat berkurangnya pasokan.

TINTANUSANTARA.CO.ID, TANJAB BARAT – Minimnya pasokan komoditas laut di beberapa pasar yang ada di Kota Kuala Tungkal pasca lebaran membuat harganya terus mengalami kenaikan. Bahkan dalam sepekan ini, dalam satu hari kenaikan mencapai Rp 2000 hingga 5000 rupiah perkilogramnya.

Salah seorang pedagang ikan di Pasar tradisional Tanggo Rajo Ilir, Kota Kuala Tungkal, Athar membenarkanjika harga tangkapan laut beberapa hari ini terus mengalami kenaikan harga.

“Kenaikan ini tidak langsung tinggi,setiap harinya hanya naik 2.000 hingga 5.000 rupiah perkilogramnya,” katanya, Selasa (2/6/2020).

Dijelaskan Athar, kenaikan harga tangkapan laut ini disebabkan persedian nya sedikit karena para nelayan saat ini memilih tidak melaut akibat pendapatan tidak sebanding lagi dengan biaya operasional.

Adapun jenis tangkapan laut yang mengalami kenaikan harga diantaranya ikan bawal dari harga Rp 100 ribu naik menjadi Rp 105 ribu perkilohgramnya, ikan senangin dari harga Rp 70 ribu perkilogramnya, naik menjadi Rp 85 ribu perkilo dan ikan grot dari Rp 80 ribunaik menjadi Rp 85 ribu perkilonya.

Selain itu, untuk jenis tangkapan laut yang lain juga ikut mengalami kenaikan harga seperti harga udang, kerang dan kepiting.

Pantauan dilapangan, kenaikan harga pada hampir komoditas laut hasil tangkapan nelayan setempat, day beli masyarakat terhadap komoditas tersebut jauh menurun.