TINTA NUSANTARA
BERANI MENYIKAP TABIR

Ratusan Kendaraan Pemudik Dipaksa Putar Balik

Posko Operasi Ketupat Gabungan Polres Tanjab Barat sepanjang operasinya telah meminta ratusan kendaraan pemudik di wilayah perbatasan Jambi-Riau.

TINTANUSANTARA.CO.ID, TANJAB BARAT – Ratusan kendaraan pemudik dari arah Riau yang akan melintasi Jambi melalui Kabupaten Tanjab Barat dipaksa putar balik.

Menurut Kaposek Tungkal Ulu, IPTU Dased, permintaan ratusan kendaraan pemudik untuk putar balik ini terjadi sejak awal dibukanya posko Operasi Ketupat 2020 diwilayah tersebut.

IPTU Dased mengungkapkan, permintaan putar balik terhadap angkutan penumpang sejalan dengan Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi selama mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka pencegahan penularan Virus Covid-19.

Kapolsek menegaskan, pihaknya akan tetap menjaga agar di posko Operasi Ketupat 2020 perbatasan Jambi Riau tidak ada lalu lintas kendaraan yang mengangkut orang mudik.

“Jika ditemukan kendaraan ataupun orang, maka akan kita paksa putar arah. Kami harapkan masyarakat mengerti, tindakan tegas yang kami lakukan untuk kepentingan yang lebih luas,” tuturnya, Rabu (13/5/2020).

Sementara itu, anggota gugus tugas Covid-19 dari Polres Bidang Penceggahan dan Penangan, Kompol Iswandi menerangkan, bahwa terdapat beberapa kategori kendaraan yang bisa melintas, khususnya di wilayah perbatasan.

“Kendaraan yang boleh melintas misalnya, pemadam kebakaran, kendaraan membawa kebutuhan pokok, ambulance, dan truk pengangkut bahan bakar. Sementara untuk angkutan arus mudik tidak diperbolehkan,” ujarnya.