TINTA NUSANTARA
BERANI MENYIKAP TABIR

OPD di Kota Jambi belum selesaikan perubahan anggaran usai refocusing

RUP Pemkot Jambi Tahun Anggaran 2020 yang masih tayang di LKPP meski kenyataan kegiatan ini telah dihapus dan seluruh dana dialihkan ke penanganan Corona.

TINTANUSANTARA.CO.ID, JAMBI – Sebagian besar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkot Jambi belum menyerahkan laporan rencana umum pengadaan (RUP) tahun anggaran 2020 pasca refocusing atau pengalihan anggaran untuk penanganan Corona.

Dampaknya, RUP Pemkot Jambi tahun anggaran 2020 yang tersaji dalam situs Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) tidak berdasarkan fakta sebenarnya.

Penelusuran pada RUP Sekretariat Daerah Kota Jambi Tahun Anggaran 2020, terdapat sejumlah kegiatan perjalanan dinas dalam luar daerah hingga luar negeri dengan nilai miliaran rupiah telah dianggarkan. Menginggat kondisi pandemi saat ini dana tersebut sulit terserap maksimal. Belum dikonfirmasi apakah dana yang ada, dipangkas habis atau dikurangi untuk dialihkan ke penanganan Corona.

Selain itu, ada juga dua mata anggaran untuk belanja Loundry dengan nilai puluhan juta, belanja sewa tanaman hias berkisar Rp25 Juta dan Belanja kegiatan Hari Raya Idul Fitri Rp 49 Juta. Dari kegiatan ini, belanja kegiatan hari raya idul fitri dinyatakan batal dilaksanakan dan dananya dialihkan untuk penanganan Corona.

“Dan itu anggaran menjadi Nol tidak dilaksakan karena di geser untuk penanganan COVID-19,” kata Humas Pemkot Jambi, Abubakar, Kamis (28/5/2020).

Sementara pejabat Pemkot Jambi lainnya mengatakan, masih tayangnya informasi RUP Pemkot Jambi yang tidak sesuai kondisi sebenarnya akibat mereka belum menyerahkan perubahan RUP pascareforcusing ke LKPP.

“Rata-rata belum menyelesaikan perubahan pak,” katanya pejabat yang diketahui bertanggungjawab menyerahkan data RUP ke LKPP ini.