TINTA NUSANTARA
BERANI MENYIKAP TABIR

Karya Bhakti Personel Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ

Bersama Warga Bersihkan Jalan Desa Baudaok

 

 

Personel Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ saat membersihkan Jalan Desa Baudaok bersama warga setempat.

TINTANUSANTARA.CO.ID, BELU – Personel Pos Mahen Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ melaksanakan karya bakti bersama warga masyarakat berupa pembersihan di sepanjang jalan di Desa Baudaok Kecamatan Lasiolat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur guna mencegah terjadinya kecelakaan di daerah perbatasan RI-RDTL.

Dalam siaran resmi Penrem 042/Gapu Jambi, kegiatan ini terlaksana karena seringnya personel Pos Mahen mendengar selalu adanya kejadian warga yang berkendara hampir bertabrakan dengan pengendara lain dikarenakan pandangan pengendara dihalangi oleh tumbuh-tumbuhan.

“Salah satunya adalah pada saat pelaksanaan anjangsana ke rumah salah satu warga Desa Baudaok yang bernama Adrianus Leto (32), menyampaikan kepada personel Pos Mahen bahwa dirinya juga pernah mengalami kejadian yang membuat dia celaka karena tumbuhan dibahu jalan menghalangi pandangan sehingga tidak terlihat saat berada ditikungan tajam,” ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas di Mako Satgas Atambua, Minggu (19/1/2020).

“Selanjutnya personel Pos Mahen menyampaikan kepada Bapak Leonardus Bele Bau selaku Kepala Desa Baudaok untuk mengajak warganya agar secara bersama-sama melaksanakan Karya Bakti pembersihan sepanjang jalan sehingga jalan tidak tertutupi oleh tumbuhan yang mengganggu pandangan pengendara dan dikhawatirkan akan terjadi kecelakaan,” tambahnya.

“Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Serda Rangga Mulyono selaku Wadanpos Mahen bersama 4 orang personel lainnya,” tegas Letkol Inf Ikhsanudin.

Selain melaksanakan tugas pokok berupa pengamanan wilayah perbatasan RI-RDTL, Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ juga turut serta membantu setiap kesulitan yang dialami warga masyarakat yang berada di wilayah perbatasan, serta mendukung setiap upaya Pemerintah Pusat maupun Daerah dalam rangka menciptakan suasana aman, damai dan tentram di Desa Baudaok.

“Diharapkan dengan kegiatan ini, personel kami yang berada di pos sepanjang garis perbatasan dapat menjalin tali silaturahmi yang erat bersama masyarakat, serta bahu-membahu dan bergotong-royong bersama warga masyarakat dalam setiap kegiatan, sehingga terciptanya kemanunggalan yang kokoh antara TNI dan Rakyat,” imbuh Dansatgas lebih lanjut.

Sementara itu, Bapak Leonardus Bele Bau merupakan Kepala Desa Baudaok mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi dan kepedulian yang telah diberikan oleh personel Pos Mahen.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih sekali kepada bapak TNI, yang telah peduli dan membantu warga masyarakat untuk membersihkan jalan bersama kami,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Serka Andrie Gunawan selaku Danpos Mahen menyampaikan tanggapannya terhadap upaya Pos Mahen dalam membantu warga Desa Baudaok guna menjaga hubungan baik dengan warga di daerah perbatasan khususnya di sekitar Pos Mahen.

“Kami berupaya untuk selalu memberikan penjelasan dan arahan kepada warga masyarakat agar selalu berhati-hati dalam setiap berkendara dan lebih peduli terhadap lingkungan sendiri demi keselamatan warga dan juga keluarga mereka,” ucapnya.

“Saya juga selaku Komandan Pos Mahen selalu menekankan kepada personel kami, agar selalu memberikan motivasi kepada warga masyarakat untuk menjaga keselamatan bagi diri sendiri dan orang lain,” tandasnya. (Ary)