TINTA NUSANTARA
BERANI MENYIKAP TABIR

Dugaan Pungli Dishub Sarolangun, Kadis Bungkam

Salah seroang oknum pegawai Dishub Sarolangun yang melakukan pungli karena mengutip uang tanpa memberikan karcis bukti retribusi resmi.

TINTANUSANTARA.CO.ID, JAMBI – Di fitur pesan berbagi saat ini, beredar video pendek berisi rekaman dugaan pungutan liar yang diduga dilakukan oknum staf Dinas Perhubungan Kabupaten Sarolangun.

Dalam video berdurasi 30 detik itu terlihat seorang pria berpakaian dinas perhubungan berdiri dipinggir jalan sambil mengambil uang dari sejumlah pengemudi truk besar yang akan melintas.

Dalam rekaman tersebut, oknum petugas tersebut terus memungut uang tanpa terlihat menyerahkan karcis sebagai bukti resmi penerimaan retribusi. Dalam video tersebut, sang perekam berseloroh, hal itu perlu diadukan.

Sementaara, Ketua LSM Bidik Jambi Ahmadi Anom, mengatakan rekaman itu diambil saat dia melakukan perjalananan ke Sarooangun. Video diambil antara jalan Rangkiling dan Mandiangin,

“Video ini saya ambil tiga hari lalu di wilayah Sarolangun,” katanya saat dikonfirmasi, Rabu (15/4/2020).

Ia mengaku prihatin bahwa aksi itu terjadi ditempat yang sangat terbuka dan bisa disaksikan oleh masyarakat luas.

“Adanya dugaan aksi pungli secara terbuka ini seolah mengabaikan keberadaan Satgas Saber Pungli yang ada ditiap daerah,” katanya.

Menyikapi hal ini, Kadishub Sarolangun, Sahrudin yang dikonfirmasi terkait hal ini belum merespon