TINTA NUSANTARA
BERANI MENYIKAP TABIR

Batanghari Pastikan Belum Ada Pasien Terduga Terjangkit Corona

Kepala Dinas Kesehatan Batanghari, dr Elvi Yenni MARS.

TINTANUSANTARA.CO.ID, BATANGHARI – Pejabat Dinas Kesehatan Batanghari memastikan belum pasien terjangkit Virus Corona. Ini membantah beredarnya rekaman video adanya pasien yang tengah di rawat di RSUD Hamba daerah setempat terjangkit Virus Corona.

“Berdasarkan hasil penelitian, Alhamdulillah hingga saat ini tidak ada pasien yang positif Covid- 19,” kata Kepala Dinas Kesehatan Batanghari, dr Elvi Yenni MARS, Selasa (17/3/2020).

Dalam mencegah mewabahnya Virus Corona di daerah itu, petugas kesehatan melakukan pengawasan ketat terhadap Orang Dalam Pantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“ODP yang baru pulang dari luar daerah diharapkan selama 14 hari kedepan akan melakukan Isolasi diri, membatasi kontak langsung dengan orang lain, baik itu di rumah maupun di pusat pelayanan kesehatan,” katanya.

Selama masa isolasi diri, jika mengalami gejala seperti batuk, sakit tenggorokan, hingga ke gangguan pernapasan segera melapor ke pusat pelayanan kesehatan terdekat.

“Dari sini, pihak rumah sakit atau pun Puskesmas akan melakukan penindakan,” tuturnya.

Saat ini Dinkes Batanghari sudah menetapkan sejumlah orang sebagai ODP karena baru saja pulang bepergian dari sejumlah daerah yang telah terjangkit Virus Corona. Dan jika ada masyarakat yang mengetahui ada ODP, sebaik identitas mereka dirahasiakan agar privasi mereka terjaga.

Kadinkes menyayangkan adanya oknum yang menyebar video adanya pasien di RSUD Hamba Batanghari yang diduga terjangkit Corona.

“Kita minta yang mengambil video tersebut untuk bertanggung jawab, karena sudah meresahkan masyarakat. Dan apabila yang mengambil video tersebut pegawai rumah sakit, akan kota berikan saksi,” katanya.

Guna mencegaknya wabah Corona, dia mengimbau masyarakata Batanghari untuk tidak bepergian sementara waktu ke sejumlah provinsi di Indonesia yang telah terjangkit wabah Corona.