Berani Menyikap Tabir

Warga Dusun Mudo Resah Munculnya Harimau di Areal Perkebunan Sawit

Satgas Mitigasi konflik SKW I BKSDA Jambi saat monitoring keberadaan harimau yang sering muncul di Dusun Tanah Teraleh, Kerinci, 2018 lalu. Foto/IG BKSDA Jambi.

TINTANUSANTARA.CO.ID, TANJAB BARAT – Warga Dusun Mudo, Kecamatan Papalik Tanjab Barat, saat ini dibuat resah. Pasalnya, di areal perkebunan sawit tak jauh dari pemukiman warga terlihat seekor harimau.

Menurut Kades Dusun Mudo, Anggi Saputra, penampakan harimau terjadi pada Rabu 6 Mei 2020. Saat itu seorang petani yang sedang memanen kelapa sawit melihat kemunculan harimau di Kebun Plasma PT Koperasindo Tani (CKT) Afdeling I.

Mengetahui adanya keberadaan harimau tak jauh dari tempatnya beraktifitas, masih kata Anggi, warga tersebut lalu lari meninggalkan pekerjaannya, untuk melaporkan ke pihak pemerintah desa.

“Tim BKSDA belum turun, informasinya hari ini ada turun. Yang sudah turun kemarin dari pihak desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Kecamatan,” kata Anggi, Minggu (10/5/2020).

Anggi berharap, ada respon cepat pihak berwenang menanggapi kemunculan harimau ini agar masyarakat tidak was-was saat melakukan aktifitas di luar rumah.

Sementara Kepada Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Jambi, Rahmad Saleh mengatakan, pihaknya telah menindaklanjuti laporan warga terkait kemunculan harimau tersebut.

“Sedang kami cek, tim sudah turun,”katanya.

Untuk diketahui, Kemunculan Harimau di Dusun Mudo, bukan kali ini saja terjadi. Kejadian serupa pernah terjadi pada 2018 lalu.

“Terakhir kali tahun 2018 (kemunculan harimau) .Waktu itu ada harimau lepas dari mobil yang jatuh bawa harimau,” kata Anggi Saputra.