Berani Menyikap Tabir

Verifikasi Penerima Bantuan Kementrian Pertanian RI Sungai Penuh

Verifikasi Penerima Bantuan Kementrian Pertanian RI Sungai Penuh

TINTANUSANTARA.CO.ID, SUNGAI PENUH – Kementrian Pertanian dan Peternakan RI akan memberikan berupa bantuan bagi kelompok tani ternak sungai penuh (03/6/2021).

Dalam hal ini disampaikan perwakilan dari Kementrian Pertanian dan Peternakan Ibu Neng Imas Kusmawati dirumah kediaman ketua kelompok tani Pematang Gedang Jln. Ar Hakim No. 18 Desa Sumur Anyir Kota Sungai Penuh.

Beliau menjelaskan bahwa bantuan ini berupa bantuan ternak itik sebanyak 500 ekor dan pakan itik sebanyak 4kg/ekor selama satu bulan serta biaya pembuatan kandang.

“Namun, sebelum kelompok menerima bantuan, maka akan diadakan berupa Verifikasi CPCL (Calon Peternak Calon Lokasi) penerima bantuan agar semua anggota yang tergabung dalam kelompok tani betul-betul memahami supaya bantuan ini dapat berjalan dengan baik sehinga bermanfaat untuk masyarakat,” tuntas beliau.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Jambi yang diwakili Kabid Peternakan bapak Haris menyampaikan rasa syukur atas bantuan yang akan diberikan kepada semua kelompok tani dan berharap nantinya bantuan ini bisa berkembang dan berkelanjutan.

Kabid Peternakan Kota Sungai Penuh juga menjelaskan bahwa di Kota Sungai Penuh ada 10 kelompok yang kami ajukan untuk menerima bantuan yang harus melengkapi persyaratan diantaranya kelompok tani harus membuat proposal, ad/art dan profil setiap kelompok tani.

Disamping itu, ketua kelompok tani Pematang Gedang Yusfet Helmi juga sangat mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Peternakan dan Pertanian RI yang akan memberikan bantuan kepada kelompok tani yang ada di Kota Sungai Penuh. Beliau juga menjelaskan dengan singkat bahwa di Kerinci dan Kota Sungai Penuh merupakan salah satu rumpun itik lokal yang mempunyai sebaran asli yang telah membudidayakan secara turun-temurun dari nenek moyang dulunya.

Itik Sungai Penuh juga merupakan salah satu rumpun itik lokal Indonesia yang perlu dilindungi dan dilestarikan.

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Gempar Peduli Rakyat Indonesia (LSM GPRI) Provinsi Jambi Fachrurrozi sukmana, S.Pdi dalam acara ini pun ikut menyampaikan agar nantinya bantuan ini dapat dijaga dan dikembangkan agar nantinya bantuan dari pemerintah terus bergulir serta meminta agar pihak pemerintah yang memberi bantuan dapat memberi bantuan yang layak dan sesuai dengan fase-fasenya karena dalam peternak itik ini sangatlah ulet dalam pemeliharanya. (F.rz)