TINTA NUSANTARA
BERANI MENYIKAP TABIR

Pemkab Sarolangun Gelar Deklarasi Damai Guna Menyukseskan Pilkades Serentak Gelombang III

TINTANUSANTARA.CO.ID, SAROLANGUN – Pemerintah Kabupaten Sarolangun gelar Deklarasi Damai sebagai wujud komitmen bersama untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Gelombang III tahun 2021, di Pendopo Lapangan Gunung Kembang, Rabu (07/07/2021).

Deklarasi damai diikuti seluruh calon Kepala Desa (Kades) sebanyak 173 orang dari 53 desa, 11 Kecamatan se Kabupaten Sarolangun. Selain para calon Kades, deklarasi juga diikuti Pjs Kades, dan BPD serta masyarakat yang turut menghadiri.

Pelaksanaan penandatanganan Deklarasi Damai tersebut dipimpin Wakil Bupati Sarolangun H. Hillalatil Badri didampingi jajaran Forkopimda, seperti Kapolres Sarolangun, Dandim 0420/Darko, Ketua DPRD, Sekda, Kajari, Kepala Pengadilan, Asisten I, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), dan Kepala OPD lainnya.

Wabup H. Hillalatil Badri dalam arahannya mengatakan, jika Pilkades tahun ini lain dari tahun-tahun sebelumnya dikarena dalam pandemi Covid-19 dan banyaknya kekosongan Kades di 53 Desa, sehingga kinerja di desa tidak bisa maksimal.

”Untuk itu Pilkades serentak tahun 2021 ini tidak mungkin ditunda lagi. Dengan harapan bisa menjadikan lepas landas semua program pemerintah terutama menuntaskan program pusat vaksinasi nasional,” kata Wabup.

Dijelaskan Wabup jika Pemilihan Kepala Desa merupakan pemilihan dalam bentuk pemerintahan kecil, sehingga diharapkan bisa berjalan sebagaimana mestinya, tidak menimbulkan gejala baru dan gejolak di masyarakat.

”Inilah tugas panitia agar bisa mengantisipasinya, sehingga Pilkades berjalan demokratis dan jurdil,” ucapnya.

Sambung Wabup, untuk bisa berjalan dengan demokratis dan jurdil bukan hanya tugas panitia saja, namun perlu komitmen dan dukungan semua pihak, sehingga berjalan dengan baik, mengingat keterbatasan dan membutuhkan mobilisasi yang ekstra dan maksimal dan kerja keras semua pihak.

”Untuk itulah acara penandatanganan deklarasi ini guna mengambil komitmen semua steakholder,” ujar Wabup.

Selain itu Wabup juga berpesan untuk mengedepankan Prokes ketat dalam pelaksanaannya nanti. Serta bagi yang berkompetisi bisa legowo, bisa menerima kekalahan maupun kemenangan. Kita juga berharap dalam Pilkades ini tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan bersama. Untuk itulah Deklarasi ini betul–betul menjadi komitmen jangan adanya timbul perpecahan, semoga Pilkades ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.

”Ingat, berkompetisilah dengan baik, karena kita calon pemimpin, dan mudah – mudahan bisa mewarisi kepemimpinan di daerah kita khususnya di Kabupaten sarolangun.Kades adalah tonggak pertama menjadi pemimpin,” tutup Wabup.

Dalam kesempatan itu juga selain penandatanganan deklarasi damai Pilkades serentak gelombang III tahun 2021, juga digelar vaksinasi untuk seluruh para calon Kades. (tim)