TINTA NUSANTARA
BERANI MENYIKAP TABIR

PABPDSI kabupaten Sarolangun Resmi Di Bentuk

TINTANUSANTARA.CO.ID, SAROLANGUN – Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Sarolangun berhasil dibentuk dengan masa jabatan 2021-2027, melalui musyawarah, pada Minggu (14/11) di aula kantor Camat Kecamatan Pelawan.

Dengan mengusung tema “BPD SAROLANGUN, MENUJU GOOD GOVERNANCE DESA DALAM SOLIDARITAS DASAR PERJUANGAN BPD BERSATU, BERMARTABAT MENCAPAI JUARA LAHIR BATHIN”.

Kegiatan itu dihadiri 75 orang Ketua dan Anggota BPD dari 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Sarolangun. Latar belakang berdiri organisasi PABPDSI ini permendagri nomor 110 tahun 2016 tentang badan pemusyawaratan desa (BPD) adalah aturan pelaksanaan Pasal 79 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2014.

Ketua terpilih, M. Sabtar yang merupakan utusan Kecamatan Bathin VIII mengatakan, tujuan dari wadah tersebut sebagai wadah dan ruang untuk berkumpul dan mengeksplor Tupoksi, hak-hak, kewajiban dan wewenang sebagai BPD, serta wadah untuk berkomunikasi, koordinasi dan berkolaborasi dengan sesama anggota BPD, sehingga mampu menjalin kerjasama sesama BPD dan membangun sinergitas dengan Pemdes dan lembaga yang ada di Desa.

”Alhamdulilah semua berjalan lancar atas ridho dan karunia ALLAH, serta Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh anggota BPD se-Kabupaten Sarolangun telah memberikontribusinya,” katanya.

Dengan terbentuknya PABPDSI di Kabupaten Sarolangun, sambung M. Sabtar, sedapat mungkin membawa angin segar bagi anggota BPD, dalam hal memudahkan akselerasi sharing informasi, dan upgrade penyamaan persepsi terkait pelaksanaan pengawasan di Desa, demi terlaksananya tata kelola pemerintahan yang lebih baik.

Mereka yang terpilih mendampingi M. Sabtar sebagai pengurus PABPDSI Kabupaten Sarolangun, M. Yahya selaku sekretaris mewakili Kecamatan Sarolangun, Aan Indrawan selaku Wakil Ketua I mewakili Kecamtan Air Hitam, Sunarto selaku sekretris II mewakili Kecamatan Mandiangin Timur, Heriyanti selaku Bendahara I mewakili Kecamatan Pelawan dan Bainah selaku Bendahara II mewakili Kecamatan Bathin VIII. (Rayan)