TINTA NUSANTARA
BERANI MENYIKAP TABIR

Musrendes Desa Pemusiran Kembali Prioritaskan Pengaspalan Jalan

TINTANUSANTARA.CO.ID, SAROLANGUN – Musrenbang Desa Mandiangin Barat yang di laksanakan Selasa (5/1/2021) bertempat di Gedung Serbaguna Guna Desa Gurun Tuo Simpang. Diikuti tujuh Desa antara lain Desa Gurun Mudo, Desa Gurun Baru, Desa Gurun Tuo Simpang, Desa Gurun Tuo, Desa Pemusiran, Desa Rangkiling simpang, Desa Rangkiling Bhakti. Acara Musrenbang Desa dibuka Camat Mandiangin Pajardin.

Dalam sambutannya Camat mengatakan Bahwa Desa diwajibkan memiliki inovasi-inovasi baru untuk kemajuan di Desa, Camat juga menganjurkan para kepala desa untuk bekerjasama dalam membangunan Desa.

“Kalau kita tidak di topang oleh masyarakat kita tidak ada apa-apanya,” Sebut Camat.

Sementara itu dalam Pembacaan usulannya Kepala Desa Pemusiran Bukhori menyebutkan, sesuai dengan usulan prioritas Dari desa Pemusiran, jenis kegiatan peningkatan pembangunan Inspratruktur yaitu ada tiga kegiatan, yang Pertaman Pengaspalan jalan Pemusiran, tiga kilo ditambahkan selama ini aspal jalan yang kami ajukan telah berjalan sebanyak lima kilo tahun 2020 telah terlaksana dan telah selesai.

“Sedangkan di desa kami itu dari jalan lintas ke dusun dua sepanjang Delapan kilo, jadi masih tiga kilo lagi yang masih perlu di bangun jalan aspal,” Sebut Bukhori.

Yang kedua pembangunan darinase panjang 1000 meter, di kanan jalan.

Dan yang ke tiga Pembangunan sekolah Dasar Baru untuk dusun dua, disini kami mengingat untuk SD kami di dusun satu SD 127 sangat tidak memadai lagi untuk menampung siswa nya.

“Jadi kami mengusulkan lagi untuk pembangunan sekolah dasar Negeri didusun dua, sebanyak enam lokal,” lanjut Bukhori.

Sedangkan untuk peningkatan perekonomian dan pendapatan masyarakat jenis kegiatan yaitu pembangunan los pasar, dan tempat wisata, di sini ada danau tempatnya di lokasi PT JPC, luas danau itu lebih kurang empat hektar. Sebutnya.

“Untuk kegiatan kwalitas sumber daya manusia yaitu pelatihan pengurus BUMDes Mandiri Jaya, berjumlah tiga orang, dan untuk peningkatan Tatakelolah Pemerintahan yang baik, yaitu pelatihan perangkat Desa,serta Pembangunan Puskesdes karena Puskesdes yang ada sudah tidak layak lagi,” Tutup Bukhori.

Musrendes di hadiri Kapolsek Mandiangin AKP Wartono, korwil dinas pendidikan Supandi, koordinator Pertanian Irpani, dan Kepala Puskesmas Mandiangin dr Satjoga Adi Nugroho serta para ketua BPD dan para perangkat Desa ( dra)