TINTA NUSANTARA
BERANI MENYIKAP TABIR

Kades Muaropanco Barat Diduga Tilap Uang Kompensasi Operasi Kayu

Kades Muaropanco Barat Diduga Tilap Uang Kompensasi Operasi Kayu

TINTANUSANTARA.CO.ID, MERANGIN – Kepala Desa Muaropanco Barat, Kecamatan Renah Pembarap, Merangin, Halib Mawardi diduga telah menyalah gunakan uang kompensasi operasi penggarapan kayu di hutan setempat yang diperuntukkan untuk pembangunan Masjid.

“Semenjak dua tahun belakangan, ribuan kubik kayu yang keluar tidak ada kompensasi untuk masjid,” ungkap M, warga sekitar kepada awak media, Minggu (11/7).

M menjelaskan, operasi kayu awalnya pada 2018 silam atas kesepakatan warga. Dengan catatan memberi kompensasi untuk pembangunan Masjid.

Namun berjalannya waktu, sejak dua tahun terakhir tidak ada lagi kompensasi yang diberikan. Halib disebut tidak transfaran dalam kepengelolaan kayu. “Tidak jelas lagi berapa dana kayu yang telah diperjual belikan,” kata M.

Selain itu, lanjut M, izin dokumen yang digunakan hanya berlaku untuk hutan di wilayah desa setempat. Sementara saat ini sudah merambah kayu di desa-desa sekitar.

“Kini bahkan sudah berani menggarap desa lain. Seperti Desa Benteng, Desa Sungai Nilau, dan Desa Sungai Manau,” sebut M.

Lebih anjut M menyampaikan, selama ini warga sudah sering mempertanyakan persoalan ini ke Kades Halib. Hingga sempat distop warga, tetapi tetap digarap kembali hingga keluar wilayah izin.

“Izin sudah dicabut katanya, tapi kenapa kok masih beroperasi,” pungkasnya.

Sementara itu, hingga berita ini dipublikasikan Kades Muaropanco Barat Halib Mawardi belum berhasil dikonfirmasi. (Uji)