TINTA NUSANTARA
BERANI MENYIKAP TABIR

Cegah Penyebaran Corona, Kemenag Tanjab Barat Batalkan Manasik Haji

Kepala Kemenag Tanjab Barat Hasbi.

TINTANUSANTARA.CO.ID, TANJAB BARAT – Kemenag Tanjab Barat membatalkan pelaksanaan manasik bagi 313 orang Calon Jamaah Haji (CJH) di daerah itu. ini menyusul aturan pemerintah untuk tidak menggelar kegiatan yang melibatkan banyak orang untuk mencegah penularan virus Corona.

Kepala Kemenag Tanjab Barat, Hasbi seharusnya saat ini sudah memasuki tahapan persiapan keberangkatan bagi CJH, termasuk pelaksanaan manasik haji. namun karena kondisi tidak memungkinkan, hal itu terpaksa dibatalkan.

“Biasanya jadwal pelaksanaan manasik bagi CJH sebanyak 10 kali, tapi dengan kondisi saat ini satu kalipun belum kita lakukan,” tuturnya, Rabu (8/4/2020).

Hasbi mengimbau kepada CJH Tanjab Barat untuk melaksanakan manasik secara mandiri sebagai persiapan jika memang pemberangkatan tetap dilaksanakan.

“Caranya bisa sendiri atau berkelompok, jika harus berkelompok hindari melibatkan banyak orang dan patuhi anjuran pemerintah tentang jarak aman unutk mencegah penularan virus Corona,” ujarnya.

Kemenag Tanjab Barat hingga kini belum mendapat kepastian dari Kementerian Agama apakah jadwal pemberangkatan Haji tahun 2020 tetap dilaksanakan atau tertunda akibat wabah Corona ini.

“Tapi untuk pembuatan paspor bagi CJH Tanjab Barat saat ini sudah selesai,” katanya.