TINTA NUSANTARA
BERANI MENYIKAP TABIR

Camat Tutup Mata Terkait Kegiatan Para Kades dan Perangkat Desa Keluar Provinsi

TINTANUSANTARA.CO.ID, BATANG HARI

Berdasarkan informasi dari masyarakat dan satu diantara perangkat Desa, bahwa tercium adanya pemberangkatan sejumlah Kepala Desa Se-Kecamatan Batin XXIV keluar kota/Provinsi, yang belum tahu pasti kemana keluar kotanya dan juga untuk kegiatan seperti apa.

Awak media langsung terjun melakukan penelusuran ke Kantor Camat Batin XXIV, Jum’at (02/09/22) untuk meminta konfirmasi mengenai kegiatan tersebut, apakah ada kegiatan Bimtek, Studi Banding atau sejenis lainnya, mengenai keberangkatan para Kades Se-Kecamatan tersebut.

Karena ini kegiatan Desa untuk koordinasinya  jelas pasti melalui Kecamatan, selain itu peran serta camat sebagai perangkat Daerah yang mempunyai tugas di antaranya untuk membina dan mengawasi kegiatan Desa sebagaimana diatur dalam Pasal 50 ayat (3) Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah dapat pula dilakukan dalam bentuk monitoring.

Setiba awak media di Kantor Kecamatan anehnya, tidak seorang pun yang bisa diminta konfirmasi tentang kegiatan tersebut, ”Saya tidak berani untuk memberikan statement mengenai kegiatan itu, langsung saja kepada Pak Camat,” sebutnya dari salah satu Kasi di kantor Kecamatan.

Kepala Kantor Kecamatan Batin XXIV Erwin, S.Sos dari Pukul 10.00 wib pagi hingga sore tidak berada dikantor, melalui Via telepon sambungan WhatsApp begitu awak media meminta konfirmasi Camat hanya mengatakan, ”Saya lagi di Muara Bulian sedang ada rapat, tidak bisa memberi penjelasan melalui telepon mengenai hal itu,” Cetus Erwin.

Untuk kapan bisanya dikonfirmasi langsung tidak memberikan jawaban kepada awak media, hingga sore dihubungi beberapa kali melalui telepon WhatsApp tidak diangkat sama sekali.

Sedangkan salah satu pendamping sekcam Batin XXIV Syaiful. Ketua Apresiasi Desa Batanghari (APDESI) juga belum bisa dihubungi.

Sementara Ketua Perangkat Desa Provinsi Jambi diminta konfirmasi dengan memberikan pesan WhatsApp M. Nuh menuliskan, ”Maaf ndo lg d jln macet, belum dpt info sayo tu ndo,” tulis M. Nuh singkat.

Juga dari beberapa perangkat Desa yang menjabat Sekretaris disuatu Desa pada Kecamatan Batin XXIV diminta Konfirmasi sama dengan pihak kecamatan untuk jawabannya, ”Saya tidak tahu kemana Datuk, yang jelas lagi keluar kota, untuk kegiatannya saya kurang paham jenis kegiatan apa, berangkatnya dari hari Selasa kemarin, yang terdengar dengan saya yaitu dari Desa Aur Gading, Jelutih, Olak Besar, Bulian Baru.” bebernya salah satu Sekretaris Desa Kecamatan Batin XXIV.

Juga untuk para Kades yang berangkat keluar kota tersebut tidak seorang pun bisa dihubungi di duga pihak kecamatan menutup-nutupi kegiatan ini, salah satunya yang mendampingi orang nomor dua di kecamatan dengan tujuan ke BALI.

Sedihnya mereka tidak berpikir masyarakat masih mengalami goncangan EKONOMI, kok bisa..!!

(azhar-tim)