Penghitungan Suara Pilkades Desa Kasiro Berakhir Draw

Penghitungan Suara Pilkades Desa Kasiro Berakhir Draw

TINTANUSANTARA.CO.ID, SAROLANGUN – Dalam rangka pemungutan dan penghitungan suara Pilkades Desa Kasiro Kecamatan Batang Asai 15 Juli 2021. Dari pantauan media Tintanusantara.co.id, terlihat hadiri perwakilan dinas PMD Rian Budi Utama, TNI, polri, panitia penyelenggara, saksi-saksi, calon kades, serta masyarakat yang menggunakan hak pilihnya.

Hasil dari penghitungan suara berakhir draw, yang mana jumlah suara dari 2 tps calon kades nomor urut 4 Ahmad Nasron dan nomor urut 5 Juni Mardian memperoleh suara yang sama.

Daftar perolehan jumlah suara dari 2 TPS calon Kades Kasiro:

No urut 01(Mutakad Dimin) : 9

No urut 02(Gumri) : 0

No urut 03(Artolis) : 34

No urut 04(Ahmad Nasron) : 382

No urut 05(Juni Mardian) : 382

Menanggapi fenomena draw tersebut perwakilan dari dinas PMD Rian menyampaikan pada diskusinya bersama panitia penyelenggara, saksi-saksi, TNI, Polri tentang aturan perbub yang berlaku.

“Terkait tentang hasil yang sama (draw) berdasarkan pasal 73 ayat 2 dan 3 perbub no 6 tahun 2020, yang mana bunyi dari ayat 2 yaitu dalam hal jumlah calon kades terpilih yang memperoleh suara terbanyak yang sama lebih dari satu calon, maka calon terpilih di tetapkan berdasarkan suara terbanyak pada wilayah tempat tinggal calon dengan pemilih yang terdaftar di DPT yang terbanyak,” jelas Rian.

“Nanti yang memutuskannya tetap panitia, dikarenakan tahapan pilkades ini masih ada waktu yaitu tanggal 15, 16 dan 17, tentunya mengacu berdasarkan pasal 73 ayat 2 dan 3 perbub no 6 tahun 2020, nanti silah kan panitia mempedomani itu.” tutup Rian. (zul)

Baca Juga

BERITA TERBARU

Trend Minggu ini