TINTA NUSANTARA
BERANI MENYIKAP TABIR

Physical Distancing, Korem 042/Gapu Gelar Tradisi Penyambutan dan Pelepasan Danrem

Tradisi penyambutan Komandan Korem 042/Gapu yang baru Kolonel Kav M. Zulkifli dan pelepasan Kolonel Arh Elphis Rudy, M.Sc, S.S di Makorem 042/Gapu, Jambi, Jum’at (24/4/2020) siang menerapkan Physical Distancing.

TINTANUSANTARA.CO.ID, JAMBI – Prajurit, PNS dan Ibu-ibu Persit KCK Koorcab Rem 042 PD II Sriwijaya melaksanakan acara tradisi penyambutan Komandan Korem 042/Gapu yang baru Kolonel Kav M. Zulkifli, S.I.P,M.M beserta isteri dan pelepasan Kolonel Arh Elphis Rudy, M.Sc, S.S beserta isteri bertempat di Makorem 042/Gapu, Jambi, Jum’at (24/4/2020) siang.

Sebelum pelaksanaan acara tradisi penyambutan dan pelepasan Danrem 042/Gapu dilaksanakan, terlebih dahulu dilaksanakan acara serah tarima jabatan Komandan Korem 042/Gapu di Makodam II/Swj Palembang pada tanggal 23 April 2020 kemarin oleh Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum.

Acara tradisi penyambutan dan pelepasan ini agak berbeda dari biasanya karena tetap mengacu pada protokol kesehatan yang berlaku ditengah pandemi Covid 19, dimana para pejabat Korem beserta undangan tetap menggunakan masker dan pengaturan jarak perorangan tanpa menghilangkan makna dari acara tersebut. Acara yang berlangsung dengan tertib dan khidmat tersebut, antara lain diawali dengan pengalungan syal loreng dan pemberian handbouquet untuk Ketua Persit Korem. dilanjutkan Laporan Pos-1 dan jajar Kehormatan, Mengisi buku tamu, Pembacaan Pernyataan Penerimaan sebagai keluarga Besar Korem 042/Gapu, dan Penghormatan kepada Dhuaja Korem 042/Gapu. Setelah penyambutan, acara dilanjutkan dengan Pelepasan Kolonel Arh Elphis Rudy. M.Sc., S.S beserta Ibu.

Kolonel Kav M. Zulkifli merupakan lulusan Akmil tahun 1991, sebelumnya menjabat sebagai Danrem 084/BJ Dam V/Brw, sedangkan Kolonel Arh Elphis Rudy akan melaksanakan tugas pendidkan Lemhanas Amerika TA 2020 (US Army War Collage).

Kolonel Arh Elphis Rudy pada acara pelepasan, dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf apabila selama ini berbuat salah dan khilaf, sekaligus juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh anggota dan instansi yang telah bekerja sama dengan baik dalam melaksanakan setiap tugas di wilayah Provinsi Jambi serta memberikan ucapan selamat kepada pejabat Danrem 042/Gapu yang baru beserta isteri.

Usai acara lepas sambut, Danrem 042 Gapu menuju Balai Prajurit untuk menerima paparan satuan Korem 042/Gapu oleh Kasrem dan memberikan pengarahan kepada Prajurit dan PNS yang dihadiri oleh Kasrem 042/Gapu, para Para Dandim Jajaran Korem 042/Gapu, Para Dan/Kasat Balakrem 042/Gapu, Para Kasirem 042/Gapu, Para Perwira Staf dan Perwira Staf Khusus.

Dalam kesempatan tersebut, Danrem 042/Gapu Kolonel Kav Zulkifli merasa sangat bangga menjadi anggota Korem 042/Gapu dan Beliau berharap selama nanti kepemimpinannya dapat memberikan kontribusi yang nyata di wilayah Jambi.

Lebih lanjut Danrem memberikan penekanan untuk menjaga Keamanan Personil dari Wabah Covid-19 dengan menggunakan Masker, Kacamata dan sarung tangan, hindari tempat keramaian dan usahakan tidak berboncengan.

Pada Dandim agar segera mengambil langkah -langkah strategis guna mencegah penyebaran Covid-19 di Wilayah masing – masing.

Dandim, Danramil dan Babinsa agar koordinasikan dengan aparat kepolisian untuk meyakinkan tidak ada penolakan terhadap pemakaman jenazah covid-19.

Jaga keluarga, isteri dan anak – anak harus tetap dirumah, anggota yang berdinas di Rumah Sakit harus waspada karena kerawanan tertular tinggi.

Waspada Karhutlah yang kemungkinan potensi terjadi pada bulan Mei, anggota jangan main main dengan narkoba hukumannya sudah jelas pemecatan dan Jangan ada KDRT dan Marwah satuan harus dijaga dan fungsinya harus sesuai dengan norma yang ada, tegas Danrem.

Diakhiri kegiatan, Danrem menyerahkan secara simbolis APD ke masing -masing Kodim sebanyak 25 pcs dan 3.500 lembar masker untuk dibagikan kepada personel Satuan Kodim – Kodim, Yonif dan Satbalak jajaran Korem.