Berani Menyikap Tabir

Penerimaan Santri Baru di Ponpes Darussalam Pemenang Meningkat Drastis

TINTANUSANTARA.CO.ID, PEMENANG

Pondok pesantren Darussalam Pamenang atau lebih familiar dengan sebutan pondok pesantren salafiyah Darussalam yang unggul dalam bidang kitab-kitab kuning/kitab gundul adalah pondok pesantren yang terletak di Jln. Kenalip, kelurahan Pamenang kecamatan pamenang kabupaten Merangin-Jambi kodepos 37357. Telah membuka penerimaan Santri Baru Tahun Ajaran 2022/2023 pada tanggal 21 Juni 2022 – 28 juli 2022 dengan jenjang pendidikan MADRASAH TSANAWIYAH DARUSSALAM DAN SMK IT DARUSSALAM PAMENANG.

Yang membedakan pesantren Darussalam Pamenang dengan pesantren lainnya adalah dari segi pendalaman ilmu agama dan ilmu Multimedia, seperti pada tingkatan Mts / Madrasah Tsanawiyah para santri dikhususkan mengkaji tentang hukum-hukum agama melalui kitab-kitab kuning tentang kemasyarakatan yang mana nantinya santri bisa menerapkan ilmunya di wilayah/desa masing-masing. Pada jenjang SMK (SLTA derajat) Santri difokuskan pada praktek hukum-hukum agama dan praktek mengoperasikan Komputer dengan harapan ketika lulus dari ponpes Darussalam Pamenang para santri bisa berkolaborasi dengan Masyarakat umum dan dunia usaha.

Syarat Pendaftaran Santri

  1. Mengisi Formulir
  2. Pas Photo 3×4 = (3 Lembar, Latar Merah)
  3. Photo copy SKHU/ Ijazah = (1 Lembar)
  4. Photo copy Akte Kelahiran = (1 Lembar)
  5. Photo Copy KK = (1 Lembar)
  6. Photo copy KTP Wali Santri = (2 Lembar)
  7. Uang Pendaftaran = (Rp.200.000)
  8. Uang Kesehatan Selama 1 Tahun = (Rp.60.000)
  9. Uang Kas Santri Selama 1 Tahun = (Rp.97.000)

Jika dibandingkan dengan penerimaan santri pada TA 2021/2022 lalu, ada peningkatan jumlah santri yang mendaftar pada TA 2022/2023 ini, sebagai perbandingan, sebelumnya jumlah Santri pada jenjang MTS yang mendaftar sebanyak 98 santri , jenjang SMK 38 Santri dan pada saat ini santri yang mendaftar tercatat pada jenjang MTS sebanyak 105 santri , jenjang SMK 54 Siswa.

‘’Alhamdulillah nampaknyo pada tahun ajaran 2022/2023 ado peningkatan jumlah santri dari tahun lalu, kalu dulu MTS Cuma 98 orang, SMK 38 orang dan untuk saat ini MTS 105 orang, SMK 54 orang” Ujar Arifkin Santosa petugas penerimaan santri baru Ponpes Darussalam Pamenang kepada media.

Di Pondok Pesantren Darussalam Pamenang ini menggratiskan Para Santrinya dalam pembayaran uang Pembangunan, SPP, Listrik, Air, Komite dan uang Tahunan dengan harapan Para orang Tua wali santri terbantu dan santri dapat mengenyam pendidikan yang layak.

Dengan dibebaskannya biaya tersebut, maka Pondok Pesantren Darussalam Pamenang mengeluarkan Biaya Pribadi Sebanyak kurang lebih Rp. 12jt/bulan guna untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar diponpes Darussalam Pamenang (keterangan pengasuh pesantren Darussalam Pamenang ke Tim Tinta Nusantara)

“Untuk pengeluaran rutin pondok kami ini setiap bulannyo kurang lebih Rp. 12 jutaan untuk menjalan pesantren ini agar santri-santri kami belajar dengan tenang dan guru yang ngajar jugo bertangungjawab atas apo tugas yang diberikan ” Ujar Ustadz. Syaparuddin, S.Pd.I selaku Pengasuh dan Pembina Yayasan Darussalam Pamenang.

Pengasuh sekaligus Pembina ponpes Darussalam Pamenang berharap agar diberikan kesehatan dan juga berharap Pemerintah setempat ikut serta membantu baik secara moril dan materil agar Anak-anak yang ekonominya menengah kebawah dapat melanjutkan pendidikan sesuai dengan amanat dari pada UUD 1945.

Penulis: AHMAD, S.Sos