TINTA NUSANTARA
BERANI MENYIKAP TABIR

Pelajar Jangan Konvoi Usai Kelulusan

Kasi Kurikulum dan Penilaian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Batanghari Irsil Syarif.

TINTANUSANTARA.CO.ID, BATANGHARI – Pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari meminta para pelajar SMP di daerah itu untuk tidak menggelar Konvoi usai mengetahui hasil kelulusan.

“Kita mengimbau seluruh sekolah untuk mengumumkan kelulusan siswa selepas salat Jumat. Dan sebaiknya diumumkan secara daring, jika memang sekolah ingin mengumumkan secara langsung, alangkah baiknya dengan memperhatikan protokol kesehatan,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari Agung Wahidi melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian Irsil Syarif, Jumat (5/6/2020).

Hari ini seluruh SMP di Kabupaten Batanghari menerima pengumuman kelulusan siswa tahun ajaran 2019/2020. Dikatakannya, kelulusan siswa SMP Negeri, Swasta dan Satu Atap akan diumumkan setelah shalat Jumat. Dan pengumuman pun sebaiknya dilakukan secara daring.

“Kita mengimbau seluruh sekolah untuk mengumumkan kelulusan siswa selepas salat Jumat. Dan sebaiknya diumumkan secara daring, jika memang sekolah ingin mengumumkan secara langsung, alangkah baiknya dengan memperhatikan protokol kesehatan,” ucapnya.

Irsil mengatakan, alasan pihaknya meminta diumumkan secara daring yakni untuk menghindari terjadinya kerumunan massa di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Dan kita minta kepada seluruh siswa untuk tidak melakukan kegiatan euphoria dengan konvoi atau kongkow-kongkow,” kata dia.

Ia meminta agar seluruh SMP di Kabupaten Batanghari berkoordinasi dengan Polsek-polsek setempat. Hal itu dilakukan untuk melakukan pengawasan terhadap siswa yang masih berniat untuk melakukan konvoi dan coret-coret seragam sekolah.

“Kita minta mereka untuk berkoordinasi, dan juga kepada orangtuanya siswa juga harus mengawasi anak-anaknya. Para siswa cukup menerima informasi kelulusan dengan berdiam diri di rumah, karena mereka bisa menerima informasi via WhatsApp atau telepon,” sambung Irsil.

Dikatakannya, jumlah SMP di Kabupaten Batanghari sebanyak 57 sekolah, terdiri dari 36 sekolah negeri, 11 swasta dan 10 satu atap.

“Jumlah siswa yang akan menerima pengumuman kelulusan kurang lebih 3.395, siswa. Kita harapkan tahun ini lulus semua, diluar dari siswa yang berhenti sekolah namun sudah terdata di DNT,” pungkasnya.