Berani Menyikap Tabir

Kualitas Pembangunan Pamsimas Desa Bedeng VIII Diragukan

TINTANUSANTARA.CO.ID, KERINCI – Proyek Pamsimas Desa Bedeng VIII, tahun 2021 Kecamatan Kayu Aro Barat Kabupaten Kerinci, yang telah dikerjakan sejak beberapa hari diragukan kualitasnya. Inspektur Inspektorat Kabupaten Kerinci melalui Inspektur Bagian diminta lebih teliti mengaudit pekerjaan tersebut.

Pasalnya, berdasarkan pantauan di lapangan, kondisi bangunan yang telah dikerjakan terindikasi dikerjakan asal-asalan. Seperti item pondasi bangunan bak penampungan air, tidak terlihat pekerjaannya dan item lain seperti pengecoran juga tidak memenuhi standar yang dibutuhkan.

Selain itu, pekerjaan fisik Dana Desa pada saat ini, dugaan sangat rentan dengan kecurangan bermodus mengurangi volume pekerjaan, serta tidak mengikuti pedoman perencanaan pelaksanaan teknis bangunaan.

Temuan lain dari pekerjaan yang bersumber dari Dana Desa Bedeng VIII tersebut, juga terjadi pada pemasangan pipa saluran air tidak terlihat adanya pekerjaan galian terlebih dahulu sebelum pemasangan pipa. Sangat diragukan kualitas mutu bangunan yang dikerjakan

Poniran, Kades Bedeng VIIl, dikonfirmasi pada Minggu (02/01), membenarkan jika belum dilakukan pemasangan pipa,dia berdalih pada saat ini pekerjaan masih tengah berlanjut.

“Soal pemasangan pipa pada saat ini belum kita lakukan pekerjaan galian tanah, karena kita masih melakukan pemasangan sambung menyambung pipa dahulu. Setelah ini baru kita lakukan galian tanah kedalaman 35 cm sesuai pedoman perencanaan teknis, yang lebih jelas soal ini Kaur Perencanaan”. ungkap Kades

(Wardizal)