TINTA NUSANTARA
BERANI MENYIKAP TABIR

Kejari Tebo Lakukan Pemusnahan Terhadap Barang Tindak Pidana (Inkracht)

TINTANUSANTARA.CO.ID, TEBO – Kamis 18 Agustus 2022 sekira pukul 14.30 Wib s/d selesai bertempat di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Tebo telah dilaksanakan Pemusnahan barang bukti perkara tindak pidana umum dari bulan Desember 2021 sampai dengan bulan Agustus 2022 yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap (inkracht).

Kajari Tebo, dalam sambutannya mengatakan barang bukti yang dimusnahkan tersebut berasal dari 38 perkara Pidum mulai dari bulan Desember 2021 hingga Agustus 2022.

Dan pemusnahan tersebut dilakukan terhadap barang bukti yang telah memiliki kekuatan hukum tetap, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Kejaksaan Negeri Tebo dan merupakan tindak lanjut dari tugas Jaksa untuk mengeksekusi barang bukti terhadap perkara yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap (inkracht).

Adapun tujuan pemusnahan barang bukti adalah agar barang bukti tersebut tidak hilang maupun dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Terdapat beberapa jenis Barang bukti yang dimusnahkan di antaranya Sabu sabu 133.63 gram, ganja 30.2 Kg, ektacy 25 butir, satu pucuk senjata api, 2 buah senjata tajam, miras 355 botol, rokok 156 ribu batang, obat obatan 125 jenis obat-obatan, bahan bakar minyak kurang lebih 2,130 liter dan mesin dompeng 2 unit.

Barang bukti tersebut dimusnahkan dengan berdasarkan jenis dan kemasannya

• Narkotika jenis ganja dibakar, rokok dibakar, miras digiling mengunakan alat berat, obat-obatan dibakar, sabu-sabu di blender, senjata api dan senjata tajam dipotong mengunakan alat pemotong besi, bahan bakar minyak dan mesin Dompeng ditimbun di tempat pembuangan sampah.

Saat dilakukan wawancara oleh awak media, kepala kejari tebo Dinar Kripsiaji SH, MH mengatakan kegiatan pemusnahan ini dilakukan secara terbuka. Salah satu bentuk pembelajaran bagi seluruh masyarakat Tebo, dimana setiap tindakan kriminal ada sanksi hukumnya. “Dengan ada nya pemusnahan terbuka ini di harapkan kejahatan di Kabupaten Tebo berkurang. Semua masyarakat dapat memahami dampak dari kegiatan kriminalitas.”

“Saya mengharapkan kepada awak media supaya menyampaikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tebo marilah bersama-sama menjaga stabilitas ketertiban dan keamanan di kabupaten yang kita cintai ini agar tercipta suasana yang aman dan kondusif,” ujarnya.

Wartawan//afrido