TINTA NUSANTARA
BERANI MENYIKAP TABIR

GAWAT.. Penyaluran Pupuk Bersubsidi Diduga Nyasar

Pekerja sedang membongkar muat pupuk subsidi di salah satu kawasan di Kota Jambi. Pupuk ini merupakan jatah petani salah satu kabupaten di Jambi.

TINTANUSANTARA.CO.ID, JAMBI – Aparat penegak hukum dan lembaga berwenang terkait di Jambi nampaknya harus lebih ketat melakukan pengawasan penyaluran pupuk bersubsidi. Pasalnya, penyaluran pupuk bersubsidi di Jambi rawan penyelewengan oleh oknum-oknum tertentu.

Pantauan dilapangan, Rabu siang (24/6/2020), aktivis Tani Jambi, Febri Timoer, memergoki aksi dugaan penyelewengan pupuk bersubsidi di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah Provinsi Jambi.

Modus yang dilakukan, sopir mobil truk milik distributor ini di bantu sejumlah kuli angkut menurunkan puluhan karung pupuk bersubsidi jenis Phonska Sub di salah satu kawasan perumahan di Kota Jambi.

Terlihat aktivitas sebuah minibus yang juga turut menurunkan sejumlah karung pupuk yang diduga salah pendistribusiannya. Padahal, pupuk bersubsidi ini seharusnya di salurkan kepada para petani di salah satu kabupaten di Provinsi Jambi.

Mengetahui aksi dugaan penyelewengan pupuk bersubsidi tesebut dipergoki, lantas Oknum pelaku yang diduga terlibat terlihat kaget dan kebingungan atas pertanyaan yg ditanyakan aktivis Tani Febri Timoer.

Menurut pria beriniasial S, oknum terduga pelaku penyelewengan pupuk bersubsidi, sebelumnya mereka telah membongkar muat 2 ton pupuk bersubsidi.

Sementara itu, wanita pemilik rumah yang teras rumahnya dijadikan tempat bongkar muat pupuk bersubsidi menolak dianggap terlibat dalam dugaan praktik penyelewengan pupuk bersubsidi ini.

“Saya tidak tahu, mereka bukan pemilik rumah. Mereka ke sini untuk membeli motor,” katanya.

Sementara Febri Timoer mengecam keras adanya dugaan penyalahgunaan pupuk bersubsidi tersebut yang sepatutnya untuk kaum tani.

Berdasarkan pantauan, saat ini truk pengangkut pupuk bersubsidi tidak ada lagi di rumah tersebut.