Dispendukcapil Sarolangun Perioritaskan Pelayanan Bagi Lansia, Ibu Hamil, dan Penyandang Disabilitas
TINTANUSANTARA.CO.ID, SAROLANGUN –
Dispendukcapil sarolangun — Satu langkah terobosan baru untuk menyelesaikan dan mengembangkan tingkat pelayanan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sarolangun
Saat ini, telah membuka layanan prioritas dan memberikan kemudahan bagi warga yang sudah lanjut usia (lansia), ibu hamil, ibu membawa bayi/menyusui, ibu membawa balita serta penyandang disabilitas.
Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Dispendukcapil Sarolangu Riduan, ST kamis (14/7) di ruang kerjanya.
“Saat ini Dukcapil kabupaten sarolangun lebih mengutamakan warga yang sudah lansia, ibu hamil, ibu menyusui dan penyandang disabilitas yang dilihat dari kondisi dirinya. Jadi, setiap ada warga yang masuk katagori di atas pasti petugas kami langsung mendahulukannnya baik pengambilan adminduk ataupun pengurusannya tanpa ikut antri,” terangnya.
Bagi seluruh yang terlibat dalam layanan prioritas tersebut merupakan bentuk kepedulian Dispendukcapil sarolangun terhadap warganya.
“Kalau mereka mengikuti antrian normal, kan kasian. Memang perlu kita dahulukan,” ujarnya.
Layanan prioritas tersebut, sudah dibuka sejak tahun 2019 bersamaan dengan penambahan jam pelayanan di Dispendukcapil sarolangun, terhitung sudah banyak sekali warga yang terlayani dalam layanan prioritas itu.
Tentu, warga yang mengikuti layanan tersebut, mengaku senang. Selain tidak perlu lagi antri di loket ataupun di loket pengambilan.
“Kami lansung di terima oleh petugas dinas kependudukan catatan sipil kab Sarolangun serta di bawa ke ruang rekam untuk di ambilkan dokumen kependudukan tidak perlu antri lagi,” ujar ibu semi asal desa batu putih ini salah satu ibu yang menderita sakit pengapuran yang harus memakai kursi roda saat di berikan layanan prioritas.
Diakuinya, bahwa dengan adanya layanan ini, seluruh warga yang tergolong dalam skala prioritas pastinya merasa sangat senang.
“Terima kasih banyak kepada Dispendukcapil kabupaten Sarolangun yang telah berkenan memberi layanan prioritas ini apalagi layanan ini Gratis, kami merasa sangat senang sekali dan puas dengan pelayanannya,” tutur ibuk semi yang di dampingi oleh suyitno anak kandung beliau dengan senang.
Kedepannya, ibuk semi berharap Dispendukcapil sarolangun dapat terus mengembangkan layanan-layanan semacamnya yang bisa membuat warga sarolangun merasa lebih puas lagi.
“Semangat terus untuk Dispendukcapil sarolangun, terus berbenah demi kepentingan seluruh masyarakat Sarolangun,” pungkasnya. (ar)