Berani Menyikap Tabir

BKPSDM Terima Pengajuan 126 ASN Pensiun di Lingkup Pemkab Sarolangun

TINTANUSANTARA.CO.ID, SAROLANGUN – Tahun 2022 ini, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Sarolangun, menerima 126 pengajuan pensiun Aparatur Sipil Negara (ASN), di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun.

Sebanyak 126 ASN yang mengajukan pensiun tersebut, berasal dari berbagai instansi yang memang pada tahun depan sudah memasuki masa pensiun.

Kepala BKPSDMD Sarolangun, Waldi Bakri mengatakan, dari total 126 pengajuan ASN pensiun sesuai batas usia pensiun (BUP) tersebut yang diterima saat ini, kemungkinan besar jumlahnya akan terus bertambah hingga penghujung tahun nanti.

“Hal tersebut bisa saja terjadi, semisal ada ASN yang terkena musibah meninggal dunia, pindah atau lainnya,” kata Waldi.

“Untuk tahun ini saja sudah ada empat ASN kita yang meninggal dunia, ” tambahnya.

Dari 126 pengajuan pensiun tersebut bilang Waldi, didominasi dari kalangan pengajar atau guru. Karena tidak dipungkiri kata Waldi, untuk tenaga guru sebagian besar dari mereka merupakan ASN senior.

“Pihak Diknas juga sudah mengantisipasi hal ini. Sebagian dari mereka yang senior ini tidak lagi menjabat sebagai kepala sekolah, melainkan ditempatkan sebagai pengawas, ” ujarnya.

“Semua sudah diantisipasi oleh Diknas, dan memang persoalan guru memang masih banyak kebutuhan,” tuturnya. (coky)