TINTA NUSANTARA
BERANI MENYIKAP TABIR

Aktifitas Angkutan Orang Luar Provinsi Pelabuhan Kuala Tungkal Dihentikan

Speed boat di Kuala Tungkal bersandar tak beroperasi pascaterbitnya larangan mudik. Padahal, biasanya kapal cepat selalu lalulalang mengantar penumpang hingga provinsi tetangga.

TINTANUSANTARA.CO.ID, TANJAB BARAT – Rute Speed Boat angkutan orang untuk tujuan luar provinsi di seluruh pelabuhan di Kuala Tungkal, Tanjab Barat, dihentikan. Ini menyusul adanya larangan mudik dari pemerintah.

Amirudin, salah seorang agen di pelabuhan LLASDP, Kuala Tungkal mengatakan, saat ini armada speed boat hanya melayani perjalanan orang antarkabupaten dan desa di wilayah timur Provinsi Jambi itu.

“Kondisi ini telah terjadi sekitar satu pekan, pascaterbit larangan mudik pemerintah,” katanya, Sabtu (25/4/2020).

Penghentian rute perjalanan angkutan orang melalui jalur laut ke sejumlah provinsi tetangga membuat pendapatan para agen di pelabuhan tersebut mengalami penurunan besar.

“Pendapatan kami berkurang hingga 80 persen,” katanya.

Sementara agen perjalanan lainnya di dermaga yang sama, Azizah mengatakan, sebenarnya penurunan pendapatan telah terjadi pada alal mencuatnya wabah Corona.

“Pada massa awal mencuatnya wabah Corona sebenarnya sudah membuat kegiatan di pelabuhan sudah sepi. Namanya ujian dari Allah SWT, kami hanya bisa pasrah,”katanya.

Azizah berharap, wabah Corona dapat segera berakhir dan kegiatan di pelabuhan dapat kembali seperti biasa.

Pantauan di beberapa pelabuhan yang ada di Kuala Tungkal, banyak armada Speed Boat hanya bersandar di pelabuhan. Padahal pada saat normal, mereka bisa beroperasi mengangkut penumpang ke sejumlah kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau dan provinsi lainnya.